Sejarah PON

Bagikan

Pekan Olahraga Nasional (PON) menjadi salah satu ajang olahraga yang ditunggu atlet-atlet Indonesia. Turnamen yang diadakan empat tahun sekali ini tentu memiliki sejarahnya sendiri. Nah, bagaimana sejarah PON ketika pertama dibentuk? Berikut adalah sedikit kisahnya.

Sejarah PON
Situasi sebelum acara pembukaan PON I tahun 1948 di Stadion Sriwedari, Solo.

 

Motivasi Politik dan Olahraga

Ir. Soekarno, Presiden Indonesia saat itu, sangat ingin Indonesia bisa melaksanakan PON. Dia mempunyai dua motivasi saat itu. Dua motivasi tersebut adalah motivasi politik dan motivasi olahraga. Seperti yang diketahui, Indonesia memang menyatakan merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Namun, Belanda masih belum mengakui kemerdekaan Indonesia saat itu. Bahkan, Belanda kemudian melancarkan sebuah serangan yang nantinya akan kita kenal dengan nama Agresi Militer Belanda.

Setelah gempuran ini, Indonesia pun sedikit kelimpungan. Ir. Soekarno bersama Drs. Mohammad Hatta (Wakil Presiden saat itu) dan beberapa pejabat pemerintah pun bahkan sampai mengungsi keluar dari Jakarta. Ini lah yang kemudian menyebabkan beberapa negara segan mendukung kemerdekaan Indonesia. Pada akhirnya, terjadi gencatan senjata antara Belanda dan Indonesia yang membuat keadaan sedikit mereda.

Di tengah gencatan senjata ini lah, nyali pemerintah Indonesia untuk menanamkan nasionalisme terus berlanjut. Olahraga pun dipilih sebagai medium untuk menyalurkan hal tersebut. PON pun dirancang untuk mewujudkan hal tersebut. Bahkan, pemerintah Indonesia sudah menyusun rencana untuk menggelar PON di Jakarta.

Sedikit Terkendala

Namun sayang, selain menghadapi Belanda, pemerintah Indonesia juga mendapat ancaman dari dalam negeri dalam bentuk pemberontakan PKI. Ini lah yang kemudian membuat PON I diselenggarakan di Solo pada tahun 1948. Ir. Soekarno bersama Drs. Mohammad Hatta datang untuk membuka PON meskipun situasi tidak kondusif. Dia ingin menunjukkan jika Indonesia merupakan negara yang merdeka dan sudah bisa berdiri di atas kakinya sendiri.

Sebenarnya, rencana PON sudah ada pada tahun 1947. Namun saat itu rencana tersebut tertunda karena Agresi Militer Belanda. Alasan kenapa PON saat itu dipersiapkan tahun itu karena Indonesia saat itu ingin berlaga di Olimpiade 1948 yang diadakan di London. Namun, karena status Indonesia yang terombang-ambing paska Agresi Militer Belanda, IOC (Internasional Olympic Committee, Komite Olimpiade Internasional) menolak memberikan tempat untuk Indonesia di Olimpiade 1948.

Hal ini membuat para atlet nasional patah arang karena tak bisa bertanding. Ini lah yang kemudian membuat Indonesia mengadakan PON. Selain motivasi politik di atas, Indonesia juga ingin membuktikan jika Indonesia mampu bersaing di olahraga internasional. Hasil ini kemudian terlihat ketika empat tahun kemudian, Indonesia diizinkan bertanding di Olimpiade 1952. Karena pentingnya pengaruh PON I pada tahun 1948 tersebut, tanggal pembukaan turnamen, 9 September, selanjutnya akan selalu dikenang sebagai Hari Olahraga Nasional.

Sejarah PON
Momen pembukaan PON I tahun 1948 di Stadion Sriwedari, Solo.

 

Nah, itu lah sedikit sejarah PON. Semoga pengetahuan ini bermanfaat sebelum kalian menyambut PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utara nanti ya.

Simak informasi olahraga terbaru secara lengkap di shotsgoal.com.